14 January, 2008

EIB Devices and Stations

EIB terdiri dari beberapa Device / peralatan, dimana semua peralatan ini mempunyai fungsi masing2. Pada dasarnya Peralatan EIB ini terdiri dari 4 jenis, yaitu :

1. System Devices
Yaitu : Power Supply, Comunication data devices (RS 232 atw USB comunicator), Line Coupler dan Area Coupler. Device ini tidak di hitung sebagai 'Station'.
2. Sensors Devices
Yaitu : Push Button (Saklar) dengan type yang macemnya banyak sekalee, tranducer (untuk sensor angin, hujan, panas, cahaya, dll), thermostat, analog input. Device ini masuk kategori 'station'.
3. Actuators Devices
Yaitu : Lighting Actuator (berfungsi sebagai pengganti fungsi saklar), dimming actuator, blind actuator dan heating actuator. Device ini masuk juga sebagai kategori 'station'.
4. Controllers Devices
Sensor dan Actuator bisa di gabung dengan peralatan logic yang cukup komplex. Device ini juga masuk sebagai kategori 'station'.

Penjelasan di atas merupakan penjelasan secara umum, bila ada yang membutuhkan katalog dari devices diatas saya bisa kirimkan via email. Tapi saya hanya punya katalog ABB, sedangkan merk2 EIB lainnya silahkan minta ke distributor terdekat.

Sebagai informasi tambahan, jumlah peralatan EIB yang akan di pasang tergantung dari banyak faktor, biasanya semua informasi tersebut di dapat dari konsultan dan owner. Intinya semua tergantung dari keinginan pemilik, sampai sejauh mana beliau ingin mengkontrol peralatan rumahnya. Supaya kesannya tidak terlalu rumit, saya coba jabarkan informasi yang biasanya saya butuhkan secara umum :
  1. Gambar perencanaan Listrik, gambar layout dan single line diagram dari bangunan tersebut.
  2. Informasi dari Pemilik atau konsultan, apa saja yang ingin dikontrol oleh EIB. Yang pasti di kontrol adalah penerangan, namun sebenarnya tidak perlu seluruh penerangan dikontrol karena akan mubazir. Contohnya ruang service, ruang pembantu / sopir cukup menggunakan system konventional saja.
  3. Khusus untuk Penerangan, jenis lampu dari penerangan yang di kontrol harus diketahui ( TL, Pijar, Halogen dll ). Kemudian lampu mana saja yang di kontrol oleh dimmer. Masalah ini biasanya cukup sulit ditentukan dari awal, karena berkaitan dengan interior design seperti furniture, warna cat dll.
  4. Untuk peralatan mekanikal seperti AC, Motorized Blind, Heater, dll data yang diperlukan selain jumlah dan bebannya diperlukan juga Merk dan input / output yang di butuhkan (binary atw analog)
  5. Karena EIB system mempunyai Security Module, maka dimungkinkan EIB system mengkontrol Security systeam dalam satu kesatuan. Bila diinginkan maka diperlukan survey yang lebih mendalam untuk menentukan sensor yang digunakan.
  6. Yang terakhir adalah, menentukan jenis device untuk mengkontrol, bisa berupa saklar/push button dan touch screen atau sensor seperti IR dan juga kebutuhan remote kontrol. Pernah ada yang minta di design rumahnya tanpa saklar (swichless), semua penerangan di atur secara otomatis dengan sensor, timer dan IR remote kontrol.

Semua design memang benar2 customized, walau biasanya pada awalnya si pemilik rumah belum bisa membayangkan system yang di inginkan, ketika sytem sudah terpasang baru dia akan merasa mana sebenarnya yang dibutuhkan. Hal ini yang akhirnya menimbulkan kerja tambah kurang. Lain halnya dengan design untuk gedung yang biasanya sudah di rancang dari awal pembangunannya.


Powered By Blogger