14 January, 2008

Zelio Smart Relay

Zelio adalah produk dari Telemecanique yang di ageni oleh PT. Schneider Indonesia. Walau saya tidak bekerja di PT. Schneider Indonesia, tapi saya pernah mendapatkan pelatihan 3 hari dari mereka tentang 'Zelio' ini. Saya ingin berbagi di postingan ini karena Zelio ini cukup murah harga nya dan banyak sekali aplikasi yang bisa di gunakan. Saya coba lihat2 melalui 'Google' ternyata Zelio ini juga cukup populer.

Zelio secara umum memang banyak di gunakan untuk OEM, aplikasi mesin/industri yang kecil saja, namun saya lihat juga Zelio ini ternyata juga bisa di gunakan untuk Lighting Control atau Automation sederhana dengan free customized program. Bahkan bisa juga di fungsikan sebagai master control security system. Masalahnya saya belum pernah coba langsung dengan alatnya, selama ini saya hanya test secara virtual menggunakan Zelio Software.

Yang membuat saya tertarik dengan produk ini adalah adanya system paket yang cukup murah (paket termurahnya kira2 Rp. 3,5jt), dimana dalam 1 paket ini sudah termasuk GSM modul. Sedangkan GSM Modul sendiri (Merk ABB atau Merk lain) itu harganya cukup mahal, saya pernah pasang harganya sekitar 10 jutaan (GSM Modul saja). Secara fungsi dan kapasitas memang tidak sama, masing2 punya kelebihan dan kekurangan, namun dengan selisih harga sebesar itu saya pasti pilih Zelio. Bila waktu memungkinkan saya coba akan postingkan secara detail technical information untuk produk ini. Itung2 refreshing yang sudah pernah saya dapat. Sedangkan untuk Softwarenya kita bisa peroleh secara gratis disini. Silahkan test sendiri.

Keunggulan dari Zelio Smart Relay :
  1. Sangat mudah untuk di implementasikan dan waktu implementasi proyek lebih cepat
  2. Bersifat Flexible dan cukup handal
  3. Mudah dalam modifikasi (Software)
  4. Lebih Ekonomis dibandingkan PLC untuk aplikasi sederhana
  5. Waktu training yng cukup singkat
  6. Tersedianya modul komunikasi MODBUS sehingga Zelio dapat menjadi Slave PLC dalam suatu jaringan PLC
  7. Beberapa fiture2 unggulan zelio: Fast counter (hingga 1kHz), 2 pilihan bahas program (Ladder atau FBD (Function Block Diagram)), 16 buah timer, 16 buah counter, 8 buah blok fungsi clock(setiap blok fungsi memiliki 4 kanal), automatic summer/winter time switching dan 16 buah analog comparator
  8. Harganya coy... jauh lebih murah dibandingkan PLC.

Kekurangan dari Zelio ini bila digunakan sebagai Automation system adalah :

  1. Karena Produk ini memang untuk aplikasi sederhana, maka Zelio terbatas dalam jumlah Input dan Output, maximum kapasitas Zelio adalah 40 I/O terdiri dari 24 input (6 analog dan 18 binary) dan 16 output. Bila untuk aplikasasi yang besar saya sarankan tetap gunakan PLC seperti SCADA atau yang lainnya

  2. Bila dipergunakan untuk Lighting Control, Zelio tidak bisa langsung di gunakan sebagai Dimmer control, jadi Dimmer Control harus beli lagi, sedangkan Zelio hanya sebagai input dari Dimmer Control tersebut.

Untuk lihat2 type bisa lihat gambar berikut :


Bila memerlukan katalog, saya bisa kirimkan melalui email atau download sendiri disini



Anonymous said...

Salam kenal. Saya beberapa kali menggunakan Zelio dalam proyek kontroler mesin industri. Dibanding ZEN atau LOGO!, Zelio rasanya masih yang termurah.

Rgds,
Chandra MDE
http://telinks.wordpress.com

Anonymous said...

Nice to meet u. Maz, sebelumnya danie mhon maaf karena ingin menanyakan sesuatu tentang Zelio. Perusahaan t4 saya magang menggunakan Zelio type SR3B262BD. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana konfigurasi hardwarenya. Mhon keterangannya yg selengkapnya ya maz, karena untuk melengkapi tugas akhir study kuliah saya. Trims banyak sebelumnya maz. Mhon maaf kalau danie mereptkan. bro_eldhe@yahoo.com

ali mahkrus said...

pak, bisa minta info seputar zelio yang punya PID di systemnya? atau punya output analog? saya butuh segera.... ini no HP saya: 085 646 773 473 (Ali), email: aly_alfath@yahoo.com

mehayal.com said...

pak, ada ga cara membuka pasword di zelio, mohon bantuannya kalo bisa kirim ke email saya setiawanawan80@yahoo.com

jaka said...

thanks infonya. salam kenal

Powered By Blogger