03 December, 2007

Wire Less

Saya sudah bahas sebelumnya tentang Media Hard Wire. Saya coba bahas sekarang tentang Media Wire Less alias tanpa kabel. Media tanpa kabel ini juga ada beberapa jenis :

Infra Red (IR)

Media ini sudah kita kenal, banyak digunakan di perangkat elektronik di rumah2 misalnya TV, AC, Audio system, bahkan Handphone.

Syarat mutlaknya, harus ada Transmitter (Tx) sebagai pengirim perintah dan Receiver (Rx) sebagai penerima perintah. Antara Tx dan Rx harus dalam satu ruangan karena Media IR tidak dapat menembus dinding dan juga sinar Infrared dapat memantul di dinding. Jarak tempuh sinar IR hanya sekitar 15 meter.

Sinar Infrared merk satu dengan merk yang lain dibedakan dari kodenya, sehingga kita tidak bisa memakai remote Merk A untuk peralatan Merk B, kecuali mereka memang memakai kode IR yang sama.

Infra Red banyak di gunakan untuk system yang sederhana saja dan bersifat lokal karena keterbatasan jarak dan kemampuannya.

Kelebihan system ini adalah karena harganya murah, aplikasinya sederhana dan tidak sulit Installasinya.

Hampir semua Merk dari sebuah Automation System mempunyai system dengan Infrared. Namun biasanya Media Infrared hanyalah pelengkap dari satu system Automation yang besar.

Sedangkan Merk yang mengkhususkan diri di Infrared hanya system Remote Controlnya saja. Merk Philips Pronto contohnya, mereka mempunyai produk Remote yang bisa digunakan untuk mengkontrol semua peralatan Elektronik yang menggunakan IR Remote Control.

Radio Frequency

Persis sama dengan Infrared, bedanya system ini menggunakan Radio Frequency untuk media penghantarnya. Kelebihan dari system ini, dia bisa lebih luas jangkauannya dan tidak ada masalah dengan halangan misal dinding karena beda ruangan. Masalah utama dari system ini sering terjadi gangguan antar frequency karena Indonesia belum punya semacam undang2 yang mengatur penggunaan Radio Frequency. Sedangkan di Negara2 yang sudah mengatur penggunaan Radio Frequecy system ini cukup handal.
Tehnologi wireless lainnya seperti WIFI dan Bluetooth setahu saya masih belum banyak digunakan oleh system Automation (atau mungkin sudah di gunakan cuma sayanya yang ga tahu). Media ini memang banyak digunakan untuk tehnologi handphone dan jaringan internet (Laptop).
Untuk WIFI sepertinya bakal menjadi media wireless yang paling bagus, mengingat jangkauan dan kehandalannya. System Remote tunggal seperti Philips Pronto sudah menggunakan WIFI juga.

Powered By Blogger