22 November, 2007

Jaringan Data

Secara Umum, jaringan data dari sebuah system Automation terbagi menjadi 2 media yaitu : Media Hard Wire alias menggunakan kabel dan Wire Less

Saya bahas yang Hard wire dulu (biasanya menggunakan kabel tembaga) media inipun terbagi menjadi beberapa macem, yaitu :

1. Power Line Carrier (PLC)

System automation ini menggunakan kabel power listrik yang sudah ada sebagai media pembawa data (carrier). Aplikasinya banyak digunakan untuk Industri Automation, tapi sekarang banyak System Automation Rumah sudah menggunakan media ini, kelebihan system ini adalah installasi tidak memerlukan kabel khusus lagi, jadi cukup menggunakan Installasi kabel listrik yang ada. Syarat utama system ini harus ada Phase filter yang dipasang di jalur utama installasi listrik, agar data yang terkirim dari sebuah rumah tidak menyebrang ke installasi rumah tetangga yang sama2 menggunakan jaringan dari kabel PLN yang sama. System ini sangat cocok untuk rumah dengan system konvensional yang kemudian ingin menggunakan Automation tanpa harus merubah Installasi.
Media PLC ini juga sudah di pakai untuk jaringan Internet, jadi untuk akses Internet bisa lewat kabel PLN. Saya dengar PLN sudah mengembangkan teknologi ini, tapi mungkin karena politik dagang sehingga teknilogi ini belum kita nikmati.
Ketika kemarin saya lihat di Pameran, Schneider sudah mengeluarkan productnya berupa ’Hub’ yang menggunakan Media PLC, jadi installasi LAN di sebuah gedung tidak memerlukan Back Bone berupa Kabel Data tapi melalui kabel listrik yang sudah ada. Waah jadi lebih simple khan?
Nah untuk Product2 Home Automation yang menggunakan Media PLC antara lain :

  • Insteon (buatan Amerika) and setahu saya belum masuk Indonesia
  • i-Plug (buatan Korea) sudah ada distributor di Indonesia
  • EIB/KNX Power Line system, namun sayang product2 ini belum masuk ke pasar Indonesia
    (Merk2 lain saya belum tahu, kalau ada yang tahu kasih tahu saya ya..)

2. Bus Line

System ini pakai kabel juga tapi kabelnya pakai Twisted Pair. Twisted Pair terdiri dari 2 kabel yang di twist (dipelintir-red) dalam satu kabel.
Mayoritas saat ini Automation (baik Gedung maupun Rumah) di Indonesia masih menggunakan Media ini untuk komunikasi datanya. Beberapa Type Bus Line :

  • Twisted Pair #18AWG, biasanya di gunakan untuk system BAS / BMS dan Fire Alarm. Merk2 yang menggunakan system ini : Johnson Control, Honeywell, Yamatake, dll. Harga kabelnya lumayan mahal dan produksi lokal kayaknya sudah ada.
  • Twisted Pair 2x2x0,8mm, EIB/KNX system masih menggunanya, Merk2 EIB/KNX system antara lain : Angebotsartikel, ABB, Altenburger, ASTON, Berker, BR-Tech, Busch-Jaeger, Falk, Gira, Hager, Heimeier, Hensel, IPAS, Jung, Lingg & Janke, Merten, Moeller, Schlaps & Partner, Siemens, Theben, Walther, Winkhaus
    Kabelnya memang khusus, walaupun saya pernah nyoba dengan kabel Twisted Pair #18AWG dan tidak ada masalah.tata
    Saya akan bahas tentang EIB secara detail pada postingan tersendiri, soale system inilah yang di pasarkan oleh perusahaan saya.
  • Sama seperti dua type di atas, tapi kabel bisa menggunakan kabel apa saja yang penting dua core, bisa kabel telephone, twisted pair, kabel listrik atau yang lain.. Merk yang menggunakannya : T&J (buatan China). Keuntungannya karena kabelnya bisa kabel apasaja, maka harga installasi bisa menyesuaikan.

3. Specific Data Cable

Kabelnya spesifik yang dikeluarkan oleh pabrik peralatannya. Tapi ada juga yang menggunakan kabel data yang banyak dipakai seperti CAT5.

  • Kabel Data CAT5, Setahu saya Merk Xantech (buatan Canada) menggunakan kabel ini sebagai jaringan datanya. Saya belum tahu merk yang lainnya. Keuntungannya harga kabelnya murah.
  • Kabel Khusus, biasanya kabel di produksi oleh mereka sendiri. Crestron dan Lutron (sama2 buatan Amerika) adalah penganut system ini, walau setahu saya mereka menggunakan Twisted Pair dan CAT5 juga. Kendala system ini adalah harga kabelnya mahal dan tidak ada produk alternative.

Saya tidak membahas secara detail satu persatu karena saya tidak mengetahui semua system diatas, beda Merk pasti beda system. Insya Allah untuk system EIB/KNX yang merupakan system open protokol untuk Automation saya akan bahas lebih lanjut.

Anonymous said...

Saya suka isi blog anda memberikan informasi yang berguna bagi saya...
Thanks Yaaa...!!!

andr153 said...

Gambarnya mana boss, emangnya ini iklan baris....

Powered By Blogger