04 December, 2007

Magnetic Contact

Macam jenis dan Merk Magnetic Contact

Sensor ini biasa di pakai untuk Pintu dan jendela. 1 set sensor terdiri dari dua buah unit, 1 unitnya magnet yang di taruh di daun pintu/jendela yang bergerak sedangkan 1 unitnya berisi reed kontak yang akan bereaksi terhadap magnet.
Ketika keduanya di dekatkan maka kontak akan tertutup dan jika di jauhkan kontak akan terbuka. Type ini di sebut Normally Close (NC), kalo kebalikannya namanya Type Normally Open (NO).

Penggunaan Normally Open atau Normally Close tergantung aplikasinya. Untuk security pastilah menggunakan Normally Close. Type Normally Close inilah yang paling sering digunakan.

Bentuk sensornya macam2 ada yang silinder (ditanam/recessed type), kotak kecil sampai yang heavy duty. Khusus yang heavy duty biasanya di gunakan untuk pintu besi, kaca atau pintu kayu yang besar.
Merk2 dari sensor ini buanyak banget sampe yang tidak ada Merk-nya pun beredar dipasaran. Harganya juga murah, kalo beli di toko harganya dari yang 50 ribu/set sampe yang ratusan ribu. Kalo anda mencari yang lebih murah bisa cari buatan China. Mau yang paling murah? bikin sendiri juga bisa kok.. beli aja 'Reed Contact' di toko elektronic (biasanya saya beli di Glodok-Jakarta), trus magnetnya ambil dari magnet bekas speaker, masalahnya tinggal di casing-nya.
Sensor ini sudah terlalu umum dipakai. Jadi kayaknya saya tidak perlu bahas mendetail yaa.

Anonymous said...

Siip mas..

Sensor sering diaplikasikan untuk sistem mikrokontroler

Dapatkan tutorial mikrokontroler di

http://trensains.com

Powered By Blogger