18 December, 2007

DALI system

DALI singkatan dari Digital Addressable Lighting Interface. DALI merupakan protocol dari sebuah lighting control system yang juga membawahi beberapa merk Lighting terkenal seperti : Phillips, Vossloh Schwabe, Osram, Helvar, Leviton dan lain2.


DALI masuk kedalam Lighting Control System namun aplikasinya tergantung Merk yang digunakan. DALI menggunakan kabel 5 core (biasanya NYYHY 5x1,5mm2), Live1, Live2, Neutral dan 2 core untuk data. System ini banyak digunakan untuk mengontrol dimmer lampu flourecent.

Perbedaan DALI dengan Automation system (BMS atau EIB) :
  1. DALI terbatas dalam kapasitas, cuma 64 address, sedangkan Automation seperti BMS atau EIB tidak terbatas.
  2. DALI terbatas untuk Lighting Kontrol saja sedangkan Automation bisa mengontrol semua mechanical electrical equipment (seperti MHVAC, Security system, Pumps, etc.)
  3. DALI tidak bisa mengkontrol Automation (BMS atau EIB), sedangkan Automation bisa mengatur DALI dengan menambahkan DALI gateway.

Detail mengenai DALI bisa di lihat disini

Anonymous said...

mas sy lihat di layout itu ballast hanya sampai 63 gimana jika itu di gunakan di sebuah building yang NB: Jumlah Punggunaan Ballast melebihi dari ketentuan diatas?
mas sy juga ingin tanya, yang di maksud dengan 64 address itu yang gimana ya...

yan ((d[-_-]b)) said...

@mas lucky,
DALI memang terbatas hanya 64 address saja.. maksudnya dia hanya bisa mengontrol s/d 64 device (1 address = 1 device).. kalo kebutuhannya lebih ya di buat jaringan baru..

We Corp said...

mantap nih...
bisa di bahas lebih dalam ga soal dali..
thanks

sekalian bantuin jawab buat mas @lucky178tci

maksudnya 63 address itu, karena system peng addresan dali di mulai dari angka 0. jadi 0-63 = 64 dali device/ballast.

memang maksimun dali device dalam satu network adalah 64 device. tetapi jika kita ingin mengaplikasikan systam dali dalam 1 gedung yang lebih dari 64 dali devices. kita bisa menbagikannya ke beberapa network, dan bisa di monitoring by 1 monitor control only.

btw, please CMIIW klo ada salah iya..
thanks

Unknown said...

Gan punya link buat trafo helvar

Powered By Blogger